Saturday, October 22, 2016

Ini dia 4 langkah sederhana menjalankan strategi pemasaran yang efektif di internet.



1. Riset Market
Langkah riset pasar bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peluang dan persaingan bisnis yang akan anda geluti di internet.

Melalui data – data yang tersedia di internet kita dapat membaca produk yang paling diminati dipasaran. Dan juga menggali kekuatan pesaing yang lebih dulu menggeluti bisnis tersebut.

Banyak sekali metode riset market yang diajarkan diluar sana. Anda dapat menggunakan salah satu atau menggabungkan beberapa metode riset sekaligus.
2. Membuat Konten

Agar strategi pemasaran anda berhasil konten web yang anda terbitkan tidak boleh asal jadi. Isi pesannya harus dapat memberikan solusi bagi pemirsa.

Selain sebagai solusi konten anda juga harus mampu menjual. Dalam artian dapat mempengaruhi pemirsa situs web anda supaya mau mengikuti apa yang anda minta (sesuai pesan yang terkandung didalam konten tersebut).

Percaya atau tidak dari semua langkah strategi pemasaran online, inilah faktor penentu yang paling penting. Tak peduli seberapa banyak kunjungan yang anda hasilkan setiap hari tanpa konten yang menjual semuanya tidak ada artinya.

Konten web tidak hanya terbatas tulisan semata, ia bisa dalam format lain misalnya ; video, audio, atau bahkan gambar. Tentu setiap jenis konten memerlukan keterampilan yang berbeda-beda dalam pembuatannya.

Pada kesempatan ini yang akan kita pelajari adalah cara membuat konten web dalam format artikel atau tulisan. Meskipun baru-baru ini konten video menjadi konten yang menjadi favorit para peselancar internet.

Namun jika anda sudah mahir dalam membuat konten tulisan, membuat konten video akan jauh lebih mudah. Anda cukup mengkonversi artikel anda ke dalam format video.

Ini struktur umum yang sering saya pakai ketika membuat konten web :

– Peluang
Ungkapkan peluang yang akan anda angkat dalam konten anda. Misalnya jika anda menggunakan keyword ‘cara membuat blog’.

Disini anda harus menjelaskan manfaat dari sebuah blog yang sukses.

Dengan kata lain anda perlu meyakinkan pemirsa supaya tertarik dengan apa yang akan anda ulas.

– Problem/masalah
Selanjutnya terangkan pula kesulitan-kesulitan yang kerap dihadapi tentang topik yang terkait dengan ‘cara membuat blog’.

– Solusi
Setelah mengungkapkan masalah tentang topik seperti contoh diatas, selanjutnya anda harus memberikan solusi terbaik atas masalah tersebut.

– Saran dan rekomendasi
Nah disini saatnya anda menyarankan solusi yang lebih spesifik kepada pembaca. Sarankan mereka untuk membeli produk, mendownload, berlangganan email dan sebagainya.

Pada dasarnya anda dapat mengikuti struktur penulisan artikel web secara berurutan seperti format diatas.

Namun tidak menutup kemunkinan juga menyusunnya secara acak, sesuai kebutuhan dan pengembangan anda pribadi.

Dengan menerapkan struktur konten seperti diatas akan memudahkan anda dalam mengembangkan ide menulis apapun topiknya.

Disamping itu struktur konten web diatas juga telah teruji menghasilkan konversi sangat tinggi. Bisa anda buktikan sendiri nanti.

3. Merancang Web Pemasaran
Langkah berikutnya bagaimana menerbitkan konten yang anda buat sehingga dapat diakses dengan mudah oleh pemirsa secara online.

Saya selalu menganjurkan bagi siapapun yang ingin menggeluti strategi pemasaran online lebih serius agar membangun situs web atau blog.

Meskipun ini juga bukan satu-satunya cara menjangkau pemirsa di internet. setidaknya strategi ini sangat aman ketimbang anda menerbitkan konten yang sudah susah payah anda buat di media gratisan, dimana anda tidak memiliki kontrol secara penuh.
4. Promosi Online
Setelah anda melalui dan menyelesaikan setiap langkah sebelumnya, saatnya kini membuat konten web anda dibanjiri pemirsa (pengguna internet tertarget).
Sebelumnya telah sedikit saya singgung tetang bagaimana cara memperoleh kunjungan generik dari search engine atau lebih dikenal dengan strategi SEO (search engine optimization) marketing.
Namun pada sesi kali ini bukan cara itu yang akan kita bahas. Teknik SEO bukan hanya memerlukan skill dan pengalaman, tapi juga membutuhkan waktu yang relatif lama untuk melihat hasilnya.
Itulah yang menjadi alasan kuat kenapa saya memilih metode promosi lain ketimbang memaksakan anda belajar SEO dengan hasil yang tidak bisa langsung dinikmati.
Facebook merupakan pilihan bijak sebagai salah satu media promosi online gratis tapi anda menghendaki hasil yang lebih cepat.
Tapi saya harap anda tidak salah paham, bukan berarti jika menggunakan Facebook sekarang juga keesokan harinya jualan anda akan langsung laris manis.
Bukan begitu prosesnya, promosi online di facebook juga membutuhkan waktu. Meskipun ini akan jauh lebih cepat hasilnya dibanding dengan media promosi gratis yang lain.
Langkah pertama saya anjurkan anda membuat fanpage Facebook. Melalui fanpage ini anda akan membangun list data pengguna facebook yang potensial untuk calon pelanggan anda.
Sudah siap membangun fanpage?..



EmoticonEmoticon