1.
Riset Market
Langkah
riset pasar bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peluang dan persaingan
bisnis yang akan anda geluti di internet.
Melalui
data – data yang tersedia di internet kita dapat membaca produk yang paling
diminati dipasaran. Dan juga menggali kekuatan pesaing yang lebih dulu
menggeluti bisnis tersebut.
Banyak
sekali metode riset market yang diajarkan diluar sana. Anda dapat menggunakan
salah satu atau menggabungkan beberapa metode riset sekaligus.
2.
Membuat Konten
Agar
strategi pemasaran anda berhasil konten web yang anda terbitkan tidak boleh
asal jadi. Isi pesannya harus dapat memberikan solusi bagi pemirsa.
Selain
sebagai solusi konten anda juga harus mampu menjual. Dalam artian dapat
mempengaruhi pemirsa situs web anda supaya mau mengikuti apa yang anda minta
(sesuai pesan yang terkandung didalam konten tersebut).
Percaya
atau tidak dari semua langkah strategi pemasaran online, inilah faktor penentu
yang paling penting. Tak peduli seberapa banyak kunjungan yang anda hasilkan
setiap hari tanpa konten yang menjual semuanya tidak ada artinya.
Konten
web tidak hanya terbatas tulisan semata, ia bisa dalam format lain misalnya ;
video, audio, atau bahkan gambar. Tentu setiap jenis konten memerlukan
keterampilan yang berbeda-beda dalam pembuatannya.
Pada
kesempatan ini yang akan kita pelajari adalah cara membuat konten web dalam
format artikel atau tulisan. Meskipun baru-baru ini konten video menjadi konten
yang menjadi favorit para peselancar internet.
Namun
jika anda sudah mahir dalam membuat konten tulisan, membuat konten video akan
jauh lebih mudah. Anda cukup mengkonversi artikel anda ke dalam format video.
Ini
struktur umum yang sering saya pakai ketika membuat konten web :
–
Peluang
Ungkapkan
peluang yang akan anda angkat dalam konten anda. Misalnya jika anda menggunakan
keyword ‘cara membuat blog’.
Disini
anda harus menjelaskan manfaat dari sebuah blog yang sukses.
Dengan
kata lain anda perlu meyakinkan pemirsa supaya tertarik dengan apa yang akan
anda ulas.
–
Problem/masalah
Selanjutnya
terangkan pula kesulitan-kesulitan yang kerap dihadapi tentang topik yang
terkait dengan ‘cara membuat blog’.
–
Solusi
Setelah
mengungkapkan masalah tentang topik seperti contoh diatas, selanjutnya anda
harus memberikan solusi terbaik atas masalah tersebut.
–
Saran dan rekomendasi
Nah
disini saatnya anda menyarankan solusi yang lebih spesifik kepada pembaca.
Sarankan mereka untuk membeli produk, mendownload, berlangganan email dan
sebagainya.
Pada
dasarnya anda dapat mengikuti struktur penulisan artikel web secara berurutan
seperti format diatas.
Namun
tidak menutup kemunkinan juga menyusunnya secara acak, sesuai kebutuhan dan
pengembangan anda pribadi.
Dengan
menerapkan struktur konten seperti diatas akan memudahkan anda dalam
mengembangkan ide menulis apapun topiknya.
Disamping
itu struktur konten web diatas juga telah teruji menghasilkan konversi sangat
tinggi. Bisa anda buktikan sendiri nanti.
3.
Merancang Web Pemasaran
Langkah
berikutnya bagaimana menerbitkan konten yang anda buat sehingga dapat diakses
dengan mudah oleh pemirsa secara online.
Saya
selalu menganjurkan bagi siapapun yang ingin menggeluti strategi pemasaran
online lebih serius agar membangun situs web atau blog.
Meskipun
ini juga bukan satu-satunya cara menjangkau pemirsa di internet. setidaknya
strategi ini sangat aman ketimbang anda menerbitkan konten yang sudah susah
payah anda buat di media gratisan, dimana anda tidak memiliki kontrol secara
penuh.
4.
Promosi Online
Setelah anda melalui dan menyelesaikan setiap langkah sebelumnya, saatnya kini membuat konten web anda dibanjiri pemirsa (pengguna internet tertarget).
Setelah anda melalui dan menyelesaikan setiap langkah sebelumnya, saatnya kini membuat konten web anda dibanjiri pemirsa (pengguna internet tertarget).
Sebelumnya
telah sedikit saya singgung tetang bagaimana cara memperoleh kunjungan generik
dari search engine atau lebih dikenal dengan strategi SEO (search engine
optimization) marketing.
Namun
pada sesi kali ini bukan cara itu yang akan kita bahas. Teknik SEO bukan hanya
memerlukan skill dan pengalaman, tapi juga membutuhkan waktu yang relatif lama
untuk melihat hasilnya.
Itulah
yang menjadi alasan kuat kenapa saya memilih metode promosi lain ketimbang
memaksakan anda belajar SEO dengan hasil yang tidak bisa langsung dinikmati.
Facebook
merupakan pilihan bijak sebagai salah satu media promosi online gratis tapi
anda menghendaki hasil yang lebih cepat.
Tapi
saya harap anda tidak salah paham, bukan berarti jika menggunakan Facebook
sekarang juga keesokan harinya jualan anda akan langsung laris manis.
Bukan
begitu prosesnya, promosi online di facebook juga membutuhkan waktu. Meskipun
ini akan jauh lebih cepat hasilnya dibanding dengan media promosi gratis yang
lain.
Langkah
pertama saya anjurkan anda membuat fanpage Facebook. Melalui fanpage ini anda
akan membangun list data pengguna facebook yang potensial untuk calon pelanggan
anda.
Sudah
siap membangun fanpage?..
EmoticonEmoticon